Jumat, 11 Agustus 2017

Gadget atau Buku?


Dulu memang teknologi belum secanggih sekarang,masih jarang sekali saluran TV bahkan satu RT hanya dua rumah saja yang memiliki saluran TV, kalau sekarang nyaris semua rumah memiliki pastinya yah.
Saya sharing apa yang terjadi pada anak saudara saya sendiri. Sejak kecil sudah dikenalkan Gadget dari mulai Hp, Tv maupun Playstation. Berawal dari Hp & Tv, dengan alasan supaya anak bisa diam ,bisa anteng dengan gadgetnya. Rupanya dari kebiasaan yang setiap harinya sudah menjadi rutinitasnya membuat anak tersebut merasa ketergantungan. Seperti yang dikatakan Graham Harding, bahwa bila anak bermain Gadget 15 - 20 jam dalam sepekan maka mereka kecanduan. Dari games yang ada di Handphone sampai ke Playstation. Usianya menginjak 4 s/d 5 tahun sudah berlalu. Apa yang terjadi saat dia sekarang sudah berusia 11 tahun?
Beruntung segera di ketahui saat periksa dokter, bagian tulang antara lengan dengan bahu sering sekali reflek di gerakkan. Dan di nyatakan ada syaraf yang kurang baik diantara tulang lengan atas dengan penghubung bahunya. Tentu hal ini karena kebiasaan anak tersebut yang nyaris sehari-harinya dan berjam-jam nya waktu yang dia lakukan untuk bermain Games Playstation tanpa jeda waktu yang semestinya. Saat ini sedang terapi dan dalam proses penyembuhan. Ada juga efek yang lain di luaran sana, yaitu penggunaan kacamata yang terlalu dini. Ya bagaimana tidak. Kalau sejak kecil mata kecilnya sudah terbiasa melihat layar gadget.
Ada beberapa hal yang membuat mereka begitu terikatnya / ketergantungan apabila sudah dikenalkan gadget sejak dini. Usia mereka yang memang rasa keingintahuannya besar sehingga layar yang bercahaya ,bergerak-gerak, mengeluarkan nada atau suara tentu mampu menarik perhatiannya. Lalu benda apa yang recomend untuk dikenalkan sejak dini?
Adalah Buku, media yang tepat yang dikenalkan sejak dini. Bagaimanapun, membaca adalah sebuah sarana belajar bagi manusia. Maka dari itu, sering-seringlah membacakan Buku kepada anak Anda sempatkanlah walaupun hanya 3 menit per harinya.
Apa sih manfaat membacakan buku?
# Menumbuhkan minat baca seumur hidup
# Membantu mereka mengenal bahasa dan mempercepat perkembangan bicara
# Mempersiapkan mereka untuk sekolah dimana mereka harus mendengarkan apa yang dikatakan kepada mereka
# Bonding time dengan orang tuanya (memperkuat kedekatan)
# Mengasah kemampuan anak untuk mendengarkan
# Membantu anak belajar bagaimana mengekpresikan diri mereka seperti pada #BukuEmosi yang berjudul #hmmm yang memperkenalkan berbagai emosi dan ekspresi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Dance ^^