Selasa, 22 Maret 2011

PENGENALAN LINUX

Linux merupakan sebuah sistem operasi dengan kemampuan multiuser dan multitasking yang bersifat free. Free disini bukan diartikan sebagai gratis tetapi berarti kebebasan seperti yang tertuang dalam lisensi yang dimiliki oleh Linux yaitu GNU GPL (GNU is Not Unix General Public License). Perangkat lunak yang mempunyai lisensi GNU GPL akan menjamin 3 (tiga) kebebasan bagi para penggunanya, yaitu :
a. Kebebasan untuk menjalankan perangkat lunak tersebut dengan tujuan apapun.
b. Kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut agar sesuai  dengan kebutuhan. Hal ini mengharuskan prasyarat tersedianya source code perangkat lunak tersebut.
c. Kebebasan untuk mendistribusikan salinannya, baik secara gratis maupun dengan biaya.  
Sebagai sistem dalam rumpun UNIX, GNU/Linux mewarisi sifat-sifat yang menyerupai UNIX misalnya multiuser, multitasking, line/text command based, secure, ready for network, development tool support.
          Dalam pengembangannya GNU/Linux sendiri dikembangkan terpisah misalnya kernel Linux dibuat oleh Linus Benedict Tolvalds pada tahun 1991, Donal Knuth membuat standar formatter (Tex), Bob Schefler mengembangkan X Window dan sebagainya.  Pada dasarnya GNU/Linux adalah sebuah kernel, paket lainnya yang melengkapi misalnya aplikasi, compiler, window manager, redhat paket manager dan sebagainya disebut sebagai distribusi, di mana saat ini distribusi GNU/Linux banyak sekali. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Linux pada dasarnya adalah sebuah kernel, dimana kernel menjembatani antara user level hardware dan aplikasi-aplikasi yang menerjemahkan bahasa sofware sehingga mampu dipahami oleh hardware kemudian hardware memprosesnya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Dance ^^