Selasa, 29 Maret 2011

Susunan Direktori Linux

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Di dalam Linux,menggunakan filesystem dimana directory akan tersusun ke dalam hirarkis tunggal. Berbeda dengan struktur di windows dimana susunan directory ditentukan dengan kondisi partisi dan harddisk. Penamaan file dan direktori di Linux adalah case-sensitive yaitu huruf besar dan huruf kecil merupakan karakter yang berbeda. Struktur direktori Linux mengikuti standart “Filesystem Hierarchy Structure (FHS)” yang dipegang oleh Free Standart Group walaupun kebanyakan distribusi memodifikasi standart tersebut. Berikut adalah stuktur Linux seperti gambar di bawah ini :



                                                gambar 1.1 struktur Linux

/root
Struktur direktori di Linux secara umum diawali dengan root filesystem “/” dan tentu juga merupakan root atau akar dari seluruh direktori global.

/boot
Direktori boot tesimpan file-file boot loader diantaranya grub atau lilo. Kernel, initrd dan system.

/sys
Berisi informasi yang berkaitan dengan kernel, device dan firmware. Untuk memudahkan mengingat, direktori ini dianggap kependekan dari 'system'.

/sbin
Berisi file-file biner yang esensinya untuk sistem dan mengendalikan sistem. File-file biner atau bisa dianggap aplikasi sistem ini jika dioperasikan secara tidak tepat bias berpotensi merusak.

/bin
Berisi file-file binari atau aplikasi yang lebih umum dan dapat digunakan oleh semua user.

/lib
Berisi file-file library atau pustaka dari semua aplikasi binari yang tersimpan dalam direktori /sbin dan /bin.

/dev
Merupakan pseudo filesystem, atau directory yang isinya sebenarnya bukan benar-benar berisi file. Isi dari /dev ini berkaitan dengan perangkat-perangkat yang terdapat pada system.


/etc
Direktori /etc berisi file-file konfigurasi sistem. Mayoritas aplikasi dan layanan konfigurasinya tersimpan di direktori /etc termasuk diantaranya /etc/hosts, /etc/resolv.conf dan lain sebagainya.

/home
Semua direktori home dari pengguna tersimpan di direktori ini dengan nama user masingmasing sebagai pengelompokannya. Untuk beberapa sistem linux yang di spesifikasikan untuk server, direktori pengguna masih dikelompokkan lagi kedalam /home/users.

/media
Merupakan direktori untuk menyimpan direktori-direktori mount point. CD-ROM, DVD, flash disk, bahkan floppy disk juga akan termount di direktori ini. Pada distro-distro modern, sudah memberikan fasilitas untuk menampilkan device-device yang dimount ke depan Desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Dance ^^